Review Film The Vanished (2018) ; Kisah balas dendam terniat








Judul Korea : Sarajin Bam
Sutradara : Lee Chang Hee
Penulis : Lee Hee Chan & Lee Chang Hee
Based : The Body yang disutradarai oleh Oriol Paulo
Sinematografi : Lee Jeong Yeol
Perusahaan Produksi : Sidus Corparation
Distributor : Kidari Entertaiment
Durasi  : 101 menit
Negara : Korea Selatan
Pemeran :






 Kim Sang Kyung  Sebagai Woo Jung Sik

Kim Kang Woo Sebagai Park Jin Han 



Kim Hee Ae Sebagai Yoon Seol Hee 
3.    
Han Jin Han Sebagai Hye Jin 


Park Jin Han  menikahi seorang wanita bernama Yoon Seol Hee yang merupakan keturunan dari keluarga Konglomerat. Seperti biasa, pernikahan semacam itu adalah sebentuk pernikahan yang tidak sehat . Buktinya Jin Han  memendam perasaan benci terhadap istrinya yang mengaku mencintainya namun selalu menganggapnya seperti boneka mainan. Hingga akhirnya Jin Han tidak pernah sekalipun menjani kehidupan seperti yang diinginkannya.


               Singkat cerita, Jin Han berselingkuh dengan salah satu mahasiswinya. Ternyata kisah cinta terlarang itu malah memberikan kebahagiaan yang selama ini ia idamkan. Maka suatu hari, Jin Han memutuskan untuk membunuh sang istri  menggunakan racun paling mutakhir, sekaligus menyiapkan alibi yang nantinya paling dapat dipercaya. Tak berselang lama, sebuah kejadian misterius terjadi. Jasad Yoon Seol Hee mendadak hilang,  berita kehilangannya kembali menjadi pukulan keras bagi keluarga yang ditinggalkan khususnya Jin Han sebagai pelaku pembunuhan.

 Ia tak habis pikir bagaimana mungkin seseorang yang sudah mati bisa menghilang begitu saja kecuali racun yang digunakan sama sekali tidak mempan sebagaimana mestinya,  atau barangkali ada pihak ketiga yang mengetahui rahasia kebohongannya. Terlebih Yoon Seol Hee mulai melakukan teror bertubi-tubi setelah ia menghilang dari ruang penyimpanan mayat. Semua hal yang terjadi perlahan tapi pasti membuat Jin Han mengalami gangguan panik.

               Nahasnya,  kasus kematian sang istri justru jatuh ketangan seorang detektif bernama Woo Jung Sik.  Pria yang ternyata punya hubungan masa lalu dengan Park Jin Han dan Yoon Seol Hee beberapa tahun silam. Jadi, siapa sih dalang di balik semua teror yang terjadi kepada Jin Han ?

               Salah satu genre film yang begitu digandrungi masyarakat korea adalah Thriller, tidak peduli siapa Aktor yang bertugas memerankan karakter. Mereka akan tetap menikmati suguhan cerita yang terbungkus dalam tema misteri.

               The Vanished memang merupakan satu dari sekian film thriller yang menghadirkan proses pemecahan sebuah kasus. Mengajak penonton untuk ikut memecahkan misteri yang terkandung didalamnya.

 Siapa sang pembunuh , bagaimana cara ia membunuh, kemudian apa motif yang melatar belakangi pembunuhan tersebut. Normalnya, begitulah plot yang akan disajikan kepada penonton. Tapi film ini berbeda. Bukan tentang pencarian siapa pelaku dibalik pembunuhan. Film ini akan menceritakan tentang fakta lain dari sebuah peristiwa baru yang saling berkelindan dengan peristiwa-peristiwa buruk sebelumnya.  

Pada awalnya film ini terlihat begitu meyakinkan. Seolah akan memenuhi apa yang penonton harapkan, membuat penontonnya berpikir keras sejak dimulainya film. Gue juga begitu, banyak hal yang terlintas di benak gue tentang bagaimana semuanya bisa terjadi. Setiap teror memang selalu sukses merangsang rasa penasaran. Tapi anehnya, gue tetap tidak bisa menebak apa yang terjadi. Yang gue lakukan selanjutnya hanyalah tetap setia untuk menyimak jalan cerita.

Yang enaknya dari film ini adalah alurnya yang standar. Nggak terlalu lambat, juga nggak terlalu cepat. Setiap scene di tampilkan dengan porsi yang cukup, seperti flashback kisah pertemuan Jung Sik dengan selingkuhannya, atau seperti bagaimana kehidupan Jung Sik dengan istrinya. Semua itu tidak membuat gue jenuh saat menontonnya, atau bisa di bilang semua scene tersebut berperan sebagai penetralisir perasaan lelah karena penasaran yang bersemayam sejauh film diputar.

Untuk sinematografi, gue rasa tidak ada yang spesial dari teknik pengambilan gambar yang di suguhkan. Semuanya diambil dengan gaya yang standar. Tidak memberi kesan lebih.

Untuk plot twist-nya sendiri, tidak cukup membuat gue pribadi merasa puas dengan pemecahan masalah. Fakta di balik semua misteri yang terjadi malah bikin gue sedikit kecewa. Jika plot twist-nya ternyata begitu, gue berasa nyesel aja sudah nonton film ini. Rasanya terlalu niat banget gitu. Dan ujung-ujungnya jadi kurang natural. Terkesan memaksa dengan segala hal yang berusaha di sambung-sambungkan.

Tapi film ini memang cukup bagus untuk direkomendasikan. Meskipun cepat lambat akan terlupakan dengan mudah.

3 / 5 Bintang.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Gangster, The Cop, The Devil (2019) ; Adaptasi Kisah Nyata Terbaik

Review Film METAMORPHOSIS (2019) ; Tipu Muslihat Lelembut Khas Korea