Review Film Monstrum ; Kurang Greget !





Sutradara : Heo Jung Ho

Penulis Naskah :  Heo Dam

Distributed : Kidari Ent

Pemeran :
Lee Hye Ri Sebagai Myung

Kim Myung Min Sebagai Yoon Kyum

Lee Kyu Bok Sebagai Moo Gae

Choi Woo Sik Sebagai Hur







Durasi : 145 Menit

Sinopsis Singkat :

                Film ini akan berkisah tentang sebuah pengkhianatan dan konspirasi politik. Dimana ada seorang menteri yang berusaha menggulingkan takhta Raja untuk kemudian mendudukinya.

                Yang uniknya, cara memberontak para pengkhianat itu  ternyata menggunakan rumor tak berdasar menyangkut munculnya sesosok monster. Dengan begitu, pikir mereka sang Raja akan lekas terpengaruhi,  dan pada akhirnya kehilangan arah serta tujuan karena rasa bersalah berlebih terhadap rakyat sebagai pemimpin yang tak bisa menjaga keamanan negara.

Review.
               
                Sebenarnya, film ini muncul bersamaan dengan film sejarah yang sayangnya hampir punya premis serupa. Ada yang pernah nonton film sageuk-nya  Hyun Bin ( Rampant) ? Nah, coba kita runut ulang ya dimana letak kemiripannya.

                Keduanya sama-sama mengangkat tema perebutan takhta, konspirasi politik, pengkhianatan, dan menaklukan sebuah entitas. Bedanya mungkin, tokoh heroik. Di Rampant, semua masalah dibereskan oleh sang pangeran. Sementara di Monstrum, semua tugas itu justru jatuh kepada pengawal kerajaan atas dasar dendam pribadi semata.

                Dari segi cerita.  Tidak ada yang spesial dari film ini. Semua terasa biasa saja dan berakhir datar sekali. Bahkan gue pribadi merasa cukup kecewa karena ternyata sama sekali tak ada kejutan berarti.

                Sialnya, sinematografi yang dihadirkan juga gagal menyelamatkan apa yang tak ada dalam film ini. Gue sedikit mengerutkan kening di beberapa adegan, dimana gue sempat berpikir “ Anjir, itu adegan konyol banget” dan bikin gue senyam-senyum sendiri. 


            Ada CGI yang kurang rapih dan kasar, pengambilan gambar yang bikin mata nggak nyaman ( Geradak geruduk nggak jelas) , bahkan zoomout yang lebay dan bikin geleng kepala karena bagian itu menurut gue sama sekali nggak perlu dilakuin.

                Selain itu. Gue makin tidak merasa harus memuji film ini ketika ada banyak adegan dan konflik tidak masuk akal dihadirkan. Misalnya, kenapa bisa tiba-tiba ada monster itu? Tak lama, jawabannya terungkap. Nah, setelah terungkap itulah. Kekonyolanpun terjadi. Sayangnya gue nggak bisa memaparkan disini, takut spoiler. Dan pokoknya masih banyaklah hal-hal yang bikin geleng kepala lainnya.

                Terakhir. Untuk penampilan para aktor. Untung saja lead male-nya adalah Kim Myung Min, karena nyatanya ialah satu-satunya daya tarik dari film Monstrum. Mari kita lupakan penampilan biasa seorang Choi Woo Sik, dan penampilan super buruk aktris Idol Lee Hyeri yang bahkan tak lebih baik dari sekadar  pemeran pendukung.

                Gue pikir, Seol Hyun AOA adalah aktris Idol dengan kemampuan akting berburuk. Eh, taunya ada yang lebih buruk dari dia. Siapa lagi kalau bukan Hyeri. Eits, gue menilai tak berdasarkan bias ya. Hanya aja, gue merasa kalau akting dia bagusnya Cuma pas jadi Deok Sun Ilguppalpal aja.

                Walaupun tidak menjadi film terburuk yang pernah gue tonton. Karena ada yang lebih buruk dari ini ( Film Saeguk Jung Hae In). Tapi gue nggak bisa menyatakan juga kalau film ini lebih bagus dari Rampant. Toh memang faktanya begitu. Monstrum tak konsisten dari segi plot twistnya, tak punya jiwa, tak punya sisi drama yang sialnya adalah label genre darinya.

2 / 5 Bintang.
               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Gangster, The Cop, The Devil (2019) ; Adaptasi Kisah Nyata Terbaik

Review Film The Vanished (2018) ; Kisah balas dendam terniat

Review Film METAMORPHOSIS (2019) ; Tipu Muslihat Lelembut Khas Korea