Review Film Sunset In My Hometown (2018) ; Sederhana, Tapi Mengena





Sutradara : Lee Jun Ik
Penulis Naskah : Kim Se Kyum
Distributed : Megabox Plus M
Pemeran :


Park Jung Min Sebagai Hak Soo
Kim Go Eun Sebagai Sun Mi
Durasi : 123 Menit


Tentang :
            Hak Soo adalah seorang Rapper ternama, dirinya sudah banyak dikenal orang berkat mengikuti acara survival Show Me The Money. Namun dalam kehidupan aslinya, ia memiliki kisah hidup yang cenderung depresif dan menyedihkan.

            Hak Soo tak pernah lagi pulang ke kampung halaman setelah pertikaian hebatnya dengan sang Ayah. Pemuda itu sudah sejak lama merasa dikhianati oleh Ayahnya. Dan memutuskan mengembara hingga berjanji takan pernah lagi pulang. Sampai kemudian, Ayahnya sakit keras dan memaksanya untuk segera menengok walau hati yang berat.

            Ketika kembali pulang setelah sepuluh tahun lamanya. Banyak kesialan serupa yang dulu sempat dirinya enyam. Dari sana, Hak Soo berusaha melewati semua rintangan dengan lapang dada, yang membuatnya berakhir membuka hati untuk kembali menerima diri dan kampung halaman yang selama ini ia benci.

Review :

            Karena poster dan pemeran utama yang kurang dikenal ( Bagi non kdrama), pasti akan sedikit ragu pada film  yang satu ini. Dengan kata lain, sang film memang kurang menarik hati.

            Namun jangan salah. Ia membuktikan bahwa dengan latar belakang demikian, tiga koma lima juta orang sudah selesai menontonnya saat masa tayang. Menjadikannya box office secara tak terduga.

            Dengan plotline yang sederhana namun mengena, Sunset In My Hometown bagi gue berhasil memberikan makna yang sesungguhnya dari film bergenre drama. Tanpa terlalu mendrama setiap adegan, tidak pernah memaksa penonton untuk ikut tenggelam dalam setiap konflik, tanpa menuntut penonton memberikan simpati pada sang karakter utama juga ia ( Sunset In My Hometown) sudah melakukan tugasnya dengan baik, tampil berani dan alamiah walau dengan premis cerita alakadarnya.

            Sinematografi yang tidak memukau walau masih mengagumkan, juga membuatnya memberikan kesan selaras dengan apa yang sedang si tokoh rasakan dan narasikan sepanjang durasi berputar.

            Scoring musik yang unik, sepanjang durasi hanya di isi oleh nyanyiap swag ( Rap) sang tokoh utama membuat film ini semakin menyenangkan dan tidak berakhir lebay di hati penonton.

            Kemampuan akting pemeran utama lelaki benar-benar dilua dugaan. Park Jung Min kini berhasil membuktikan lewat peran utama yang didapatkannya, dirinya bisa kok bersanding dengan nama besar seperti Kim Go Eun.

            Intinya, Sunset In My Hometown berhasil menghangatkan hati. Setiap konflik dan penyelesaianya sukses menyentil atau bahkan menyentuh setiap jiwa-jiwa penikmatnya.
3,5 / 5 Bintang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Gangster, The Cop, The Devil (2019) ; Adaptasi Kisah Nyata Terbaik

Review Film The Vanished (2018) ; Kisah balas dendam terniat

Review Film METAMORPHOSIS (2019) ; Tipu Muslihat Lelembut Khas Korea