Review Film Kim Ji Young ; Born 1982 : Bukti Bahwa Hidup Sebagai Perempuan Ternyata Lebih Sulit




Sutradara : Kim Do Young
Penulis Naskah : Yoo Young Ah Berdasarkan Novel Cho Nam Joo
Pemeran :
Jung Yoo Mi Sebagai Kim Ji Young
Gong Yoo Sebagai Jung Dae Hyun
Distributor : LOTTE ENTERTAIMENT
Durasi : 120 menit


Tentang :

            Dalam kesehariannya, Ji Young dikenal sebagai Ibu rumah tangga yang telaten dan sabar melakoni kehidupannya sebagai wanita seutuhnya sebagaimana budaya korea selatan jika seorang perempuan sudah menikah.
            Perempuan harus selalu ngikut ke keluarga suami. Bantu Ibu mertua dengan segala pekerjaan rumah yang menumpuk.
            Hingga suatu hari, tanpa Ji Young sadari. Mentalnya ternyata sudah lama terganggu. Terkadang dirinya berubah seperti orang lain. Dan sehabis itu, Ji Young tak mengingatnya sama sekali.

Review :
            Ini adalah sebuah adaptasi yang berhasil tersampaikan dengan bahasa yang lain. Sebuah visualisasi kental drama penguras air mata. Kim Ji Young dihadirkan sebagai perwakilan dari maraknya kasus mental illnes yang banyak menghampiri kaum perempuan di negeri genseng sana. Tentang bagaimana orang-orang sana sangat kental akan perilaku dan budaya yang merujuk pada diskriminasi terhadap perempuan.
            Perempuan itu susah banget dapetin promosi jabatan, perempuan yang sudah menikah wajib melayani kebutuhan keluarga suami, bahkan pada bagian yang sangat krusial seperti kasus Ji Young remaja nyaris menjadi korban pelecehan seksual, sang Ayah malah turut menyalahkan anaknya karena murah senyum serta berpakaian tidak pantas. Seolah semua keburukan yang melanda perempuan adalah sebagain dari kesalahan dirinya itu sendiri. Tidak boleh ada yang disalahkan atas hal tersebut.
            Pertama, gue suka banget penampilan Jung Yoo Mi sebagai Ji Young. Entahlah, mungkin gue merasa bahwa Yoo Mi berhasil menyampaikan perasaan lelah dan ‘terpenjara’ yang engga disadarinya menjadi amat sangat nyata kepada penonton. Sedih banget lihat Ji Young berubah-ubah dan keesokan harinya dia sendiri lupa sama apa yang kemarin udah terjadi.
            Kedua, peralihan cerita yang dibuat senatural mungkin. Jadi tidak harus melabeli bahwa itu adalah masa lalu, atau itu adalah sesuatu yang selama ini dihadapkan Ji Young. Yaudah, bertutur aja. Mengalir apa adanya.
            Gong Yo sendiri berhasil memberikan penampilan yang cukup mengimbangi karakter utama. Yang dalam film ini, kehadirannya terasa sama-sama penting sebagai kekuatan jalan cerita.
            Terakhir, mungkin tidak ada lagi hal menarik selain itu yang dapat gue bahas mengenai Kim Ji Young ; Born 1982. Sisanya, bertumpu pada standarisasi fillm-film dramatis pada umumnya.

3,5 / 5 Bintang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Gangster, The Cop, The Devil (2019) ; Adaptasi Kisah Nyata Terbaik

Review Film Tall Girl ; Pesona Terpendam Si Gadis Tinggi

Review Film METAMORPHOSIS (2019) ; Tipu Muslihat Lelembut Khas Korea