Mengulas Film The Devil All The Time ( 2020) ; Iblis Pasti Insecure Nonton Film Ini

 



Sutradara                          : Antonio Campos

Penulis Naskah              : Paulo Campos

Pemeran                            :

 

Tom Holland Sebagai Arvin Eugene Russell



Robert Pattinson Sebagai Reverend Preston Teagardin


Bill Skarsgard Sebagai Willard Russel

Eliza Scanlen Sebagai Lenora Laferty

 

Distributor                      : NETFLIX

Durasi                                                 : 135 Menit

 

Tentang                                             :

 

                Bill adalah seorang mantan tentara yang selama kehidupannya, tidak terlalu dekat dengan Agama maupun Tuhan. Sebab, selama ini dirinya merasa kalau semua itu tidak terlalu penting. Sampai ketika di tahun dirinya selesai menjali perang, Bill pulang dan mendapati hidupnya berubah kala jatuh cinta pada seorang gadis cantik peramusaji sebuah restoran terkenal. Sejak itu, bill bercerita pada Ibunya kalau selepas dirinya dan sang kekasih menikah, ia jadi rajin berdoa pada Tuhan. Semua kepercayaannya tentang kebahagiaan duniawi diserahkan sepenuhnya pada tangan sang semesta.

                Sampai suatu hari, bill akan nyaris kehilangan cinta pertama dan terakhirnya tersebut. Atas nama Tuhan dan segala kepercayaannya tentang Agama, mampukan Iman Bill bertahan ditengah situasi muram nan menggelisahkan?

 

 

Review                               :

 

                Kalau berbicara tentang ajaran sesat, mungkin sudah banyak film yang menjadikan tema tersebut sebagai pondasi cerita mereka. Namun, film ini tidak sedemikian kompleksnya hingga masuk keranah persembahan sesaat dan sebagainya. Cukup menghadirkan dua tokoh yang menjadi sumber konflik utama.

                Enggak perlu membentuk sekte buat bisa ngehancurin kehidupan bermasyarakat atau pribadi seseorang. Cukup pura-pura jadi pastor alim aja, semua akan ambyar pada waktunya.

                Karakter si pastor digambarkan begitu mulus memengaruhi orang kampung yang masih taat agama pada masa itu. Dengan dalil yang ia bekal dari kitab, ceramahnya pada para penduduk ngena di hati dan bikin semua orang jadi yakin bahwa si pastor mesum nan bajingan itu. Yang uniknya lagi, hal ini dirasa masuk akal karena pada saat itu, internet belum hadir, orang-orang masih banyak percayalah sama hal menyesatkan berkedok agama.

                Penampilan Tom Holland sebagai nahkoda cerita nyatanya memang patut diapresiasi. Tom, tampil dengan sebagaimana seorang remaja kalut oleh orientasi agamanya. Disisi lain, dirinya dipaksa untuk memercayai Tuhan, namun ia sendiri ragu kalau agama dan pertolongan Tuhan bisa membawanya pada kebaikan, seperti apa yang selama ini ayahnya yakini.

                Tapi sayang, penampilan para aktor yang terbilang gemilang. Tak cukup memuaskan pengalaman menonton saat perlahan-lahan gue menyadarai bahwa film ini tipikal penuh dialog basa-basi, serta agak bertele-tele.  Cukup membosankan apalagi dengan ending yang implisit dan malah mengembalikan kepada keyakinan masing-masing penonton.

 

3 / 5 Bintang

               

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film Tall Girl ; Pesona Terpendam Si Gadis Tinggi

Review FILM JUMANJI ; THE NEXT LEVEL (2019) : Ngakak Sampai Game Over !

Review Film The Gangster, The Cop, The Devil (2019) ; Adaptasi Kisah Nyata Terbaik